Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Pulang Pisau Lakukan Fogging Fokus di Desa Mentaren 2

Sabtu, 20 April 2024 05:37 WIB
Oleh: Admin
WhatsApp-Image-2024-05-01-at-06.27.11

Saat ini kasus Demam Berdarah Dengue(DBD) sudah jauh berkurang dibandingkan bulan bulan sebelumnya. Tetapi dengan masih tingginya curah hujan, potensi peningkatan kasus masih dapat terjadi. Untuk itu sebagai upaya mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau melakukan fogging focus di RT 05 Desa Mentaren 2 Kecamatan Kahayan Hilir, Sabtu(20/04/2024) setelah ditemukan 2 kasus DBD di RT 05 tersebut berdasarkan laporan yang diterima Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau.

Sebelum dilakukan fogging, Dinkes Pulang Pisau bersama Puskesmas Pulang Pisau terlebih dahulu melakukan PE(Penyelidikan Epidemiologis) dan memberikan penyuluhan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Menguras, Menutup dan Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang) (3M) Plus kepada masyarakat Desa Mentaren 2.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina menyampaikan bahwa “Fogging ini bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa pembawa virus DBD dan tidak dapat membunuh jentik nyamuk. karena itu sebenarnya fogging ini bukan solusi utama. karena tidak efektif dan banyak membunuh nyamuk dewasa saja. Namun yang terpenting adalah PSN 3M Plus dan dilakukan secara serentak Bersama sama ,” jelasnya.

Mudah-mudahan dengan berjalannya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Plus secara rutin dan serentak bersama-sama, kasus DBD di Kabupaten Pulang Pisau dapat jauh menurun,” pungkasnya

Baca Juga